Apa yang Anda Cari?

Memuat...

Rabu, 14 November 2012

Populasi, Sampel dan Data


Populasi adalah seluruh elemen yang akan diteliti.

Sampel adalah elemen yang merupakan bagian dari populasi.

Data adalah fakta – fakta yang dapat dipercaya kebenaranya.

Jenis – jenis pengambilan sampel yaitu :

Random sederhana (simple rondom sampling)
Adalah pengambilan sampel secara acak sehingga setiap anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi sampel, misalnya dengan cara undian.

Rondom berstrata (Stratifikasi Rondom Sampling)
Adalah pengembilan sampel yang populsinya dibagi – bagi menjadi beberapa bagian/sratum. Anggota – anggota dari stratum diplih secara ondom, kemudian dijumlahkan, jumlah ini membentuk anggota sampel.

Sistematis (Systematic Sampling)
Adalah pengambilan sampel berdasarkan urutan tertentu dari  populasi yang telah disusun secara teratur dan diberi nomor urut.

Luas/Sampel Kelompok (Cluster sampling)
Adalah pengambilan sampel tidak langsung memilih anggota populasi untuk dijadikan sampel tetapi memilih kelompok terlebih dahulu. Yang termasuk sebagai sampel adalah anggota yang berada dalam kelompok terpilih tersebut.

Jika kelompok – kelompok tersebut merupakan pembagian daerah – daerah geografis, maka cluster sampling ini disebut juga area sampling.

Pembagian data dapat dibedakan menurut :

Sifatnya
Data kualitatif adalah data yang disajikan bukan dalam  bentuk angka, misalnya agama, jenis kelamin, daerah, suku bangsa, pangkat pegawai, jebatan pegawai dan sebagainya.

Data kuantitatif adalah data yang disajikan dalam bentuk angka.
Data ini terbagi menjadi :
  1. Data kontinu adalah data yang satuannya bisa dalam pecahan.
  2. Data diskret adalah data yang satuannya selalu bulat dalam bilangan asli, tidak berbentuk pecahan.

Waktunya
  1. Data silang (Cross Section) adalah data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu yang bisa menggambarkan keadaan/kegiatan pada waktu tersebut, misalnya jumlah warga DKI Jakarta menurut asal dan agama tahun 2011.
  2. Data Berkala (Time Series) adalah data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu, misalnya data angka kematian dan kelahiran dari tahun ketahun di Indonesia yang cenderung membesar atau mengecil.

Cara memperolehnya
  1. Data primer adalah data yang didapatkan langsung dari responden. Contoh :data pegawai negeri sipil di BKN, data registrasi mahasiswa di universtas dan sebagainya.
  2. Data sekunder adalah data yang diambil dari data primer yang telah diolah, untuk tujuan lain. Contoh : data perkawinan antara17 s/d 20 tahun di Indonesia yang diambil dari Departemen Agama untuk tujuan analisa pola perkawinan setiap suku bangsa di Indonesia.

Sumbernya
  1. Data Internal adalah data yang menggambarkan dari keadaan di dalam suatu organisasi. Contoh : dari suatu universitas adalah data dosen, jumlah mahasiswa, data kelulusan dan sebagainya,
  2. Data Eksternal adalah data yang dibutuhkan dari luar untuk kebutuhan suatu organisasi tersebut. Contoh : data orang tua mahasiswa BSI untuk keperluan beasiswa.



Syarat data yang baik adalah :
  1. Benar/Objektif.
  2. Mewakili/Wajar (respresentative).
  3. Dipercaya, artinya kesalahan bakunya kecil.
  4. Tepat waktu (up to date).
  5. Relevan (data yang dikumpulkan ada hubungannya dengan permasalahan).

Leave a Reply